Rabu, 10 November 2010

MEMBACA LANCAR BEBERAPA KALIMAT SEDERHANA DAN MEMBACA NYARING TEKS DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG TEPAT

Persiapan

a. Guru mempersiapkan sumber bahan ajar, khususnya buku ajar. Selain buku ajar, guru juga bisa menggunakan sumber bahan ajar lain, misalnya kalimat-kalimat sederhana yang dibuat guru.
b. Guru membaca dan memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang akan diajarkan dan menjabarkannya sehingga materi yang akan diajarkan jelas, rinci, serta mudah dipahami siswa.
c. Guru mempelajari dan memahami materi yang akan diajarkan dengan mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar dan pada buku ajar. Dalam hal ini guru harus memahami konsep kalimat sederhana dan konsep intonasi.
d. Guru mempersiapkan metode dan teknik pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam menyajikan materi yang akan diajarkan. Guru harus dapat memikat siswa belajar aktif, kreatif, dan menyenangkan supaya siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian.
e. Guru mengondisikan siswa siap memperoleh materi yang akan diajarkan. Suruhlah siswa duduk dengan tertib dan buku ajar harus ada di atas meja masing-masing. Guru memulai kegiatan pembelajaran setelah seluruh siswa siap menerima pelajaran.

Proses Pembelajaran

a. Guru memberitahukan materi yang akan diajarkan Guru memberitahukan materi yang akan diajarkan pada hari ini, jam ini, kepada siswa, yaitu membaca lancar beberapa kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat. Guru menyuruh siswa membuka halaman buku yang memuat pelajaran tersebut. Sebagai langkah apersepsi, usahakan guru mengaitkan materi yang akan disampaikan dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya. Contoh: ―Anak-anak, sebelumnya kita telah belajar membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. Sekarang kita akan belajar membaca lancar beberapa kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat.
b. Guru memberikan contoh materi sesuai dengan SK/KD
Kalimat-kalimat yang akan dibaca bisa kalimat-kalimat yang terdapat pada buku ajar, atau bisa juga berupa kalimat-kalimat yang dibuat guru. Jika kalimat yang akan dibaca adalah kalimat yang dibuat guru, guru harus menuliskan kalimat-kalimat tersebut terlebih dahulu di papan tulis. Jadi, langkah pertama adalah guru memberikan contoh www.ditptksd.go.id
Membaca dan Menulis Permulaan
membaca lancar kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat. Kemudian, siswa secara bersama-sama mengikuti/menirukan membaca kalimat seperti yang dicontohkan guru. Dalam memberikan contoh, guru harus menggunakan intonasi yang tepat supaya siswa dapat menirukannya dengan intonasi yang tepat pula.
c. Guru membimbing siswa mendalami materi Pada tahap ini setiap siswa secara bergiliran membaca lancar kalimat-kalimat sederhana, baik kalimat-kalimat yang berasal dari buku ajar maupun kalimat-kalimat yang dibuat guru di papan tulis. Bila masih ada siswa yang belum lancar membaca atau salah menggunakan intonasi, guru harus segera membetulkannya, sampai siswa tersebut benar-benar dapat membaca kalimat-kalimat tersebut dengan lancar dan dengan intonasi yang tepat.
d. Guru memberikan pelatihan kepada siswa Setelah setiap siswa dapat membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang berasal dari buku ajar atau yang ditulis guru di papan tulis, guru mengganti kalimat-kalimat tersebut dengan kalimat-kalimat lain. Namun, kalimat-kalimat yang disajikan harus tetap kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata. Siswa terus berlatih membaca kalimat-kalimat tersebut. Pelatihan bisa divariasikan antara pelatihan secara berpasangan dan pelatihan secara berkelompok.
e. Guru mengevaluasi kemampuan siswa Pada tahap ini setiap siswa secara bergiliran membaca beberapa kalimat di depan kelas. Siswa yang lain harus menyimaknya, dan ikut menilai apakah temannya tersebut telah dapat membaca dengan lancar atau belum, serta apakah intonasinya sudah tepat atau belum. Guru memberikan penilaian tentang cara membaca siswa, baik dari segi kelancarannya maupun dari segi intonasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar